Warung Bebas

Sabtu, 01 Oktober 2011

DuniaPustaka.com | Gudangnya Buku Gratisan

DuniaPustaka.com | Gudangnya Buku Gratisan


Cara Merawat Rambut Agar Rambut Sehat Berkilau

Posted: 01 Oct 2011 04:45 AM PDT

Rambut cantik dan sehat bukan ditentukan dari produk perawatan yang mahal. Kebiasaan Anda merawat rambut dengan baik dan teraturlah kunci utama memiliki rambut indah.

Untuk merawat rambut dengan baik, caranya bisa dibilang sangat sederhana. Lakukan saja empat kebiasaan simpel berikut secara teratur, demi keindahan mahkota Anda.

1. Sisir setiap hari

Terdengar sangat sederhana tetapi banyak wanita yang jarang melakukannya. Biasanya karena malas, potongan rambut yang pendek atau lebih suka menguncir rambut. Menyisir rambut bukan sekadar membuatnya terlihat rapi tetapi fungsi lainnya adalah mendistribusikan minyak alami di kulit kepala yang membuat rambut sehat serta terlihat lebih halus dan bersinar.

2. Gunakan pelembab rambut

Jangan malas menggunakan pelembab rambut karena bahan dari sampo sebagian besar cenderung membuat rambut kering. Jika Anda keramas setiap hari dan tidak menggunakan pelmbab, pasti rambut akan kering dan terlihat kusam bahkan bercabang. Pilihan jenis conditioner cukup beragam, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Biarkan rambut bernapas

Meskipun Anda ingin membuat tatanan rambu selalu simpel tetapi jangan gunakan jepit atau dikuncir setiap hari. Gunakanlah secara selang-seling, misalnya hari ini rambut dikuncir dan besok biarkan terurai. Hal ini sangat penting karena tekanan saat rambut dikuncir atau dijepit berpengaruh pada melambatnya sirkulasi dari di kulit kepala.

4. Bersihkan sisir

Bakteri dan jamur suka sekali berkembang biak pada sisir yang basah dan kotor. Untuk itu pastikan sisir Anda selalu bersih agar terhindar dari gangguan gatal di kulit kepala.

Sumber : VivaNews

Cara Alami Membersihkan Liver

Posted: 01 Oct 2011 03:48 AM PDT

Liver atau hati merupakan organ yang sering diabaikan kesehatannya. Padahal liver memiliki pekerjaan berat, karena ‘bertanggung jawab’ pada lebih dari 500 fungsi yang berbeda.

Fungsi-fungsi tersebut antara lain mengeluarkan racun dalam tubuh, menyimpan vitamin tertentu, mengontrol kolesterol serta metabolisme lemak, dan mengatur hormon.

Setiap hari Anda terpapar polusi dan racun, akibatnya liver ‘bekerja berat’. Apalagi jika Anda perokok dan sering mengonsumsi alkohol. Untuk itu, bantulah kerja liver dengan membersihkannya yaitu perbanyak konsumsi makan berikut.

1. Minum air perasa lemon

Minum air putih yang cukup. Sesekali tambahkan perasan satu buah jeruk lemon ke dalam air putih yang Anda minum. Hal ini bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan racun melalui gerakan usus dan urine. Lemon juga bisa merangsang hati untuk memproduksi empedu untuk mengeluarkan racun.

2. Konsumsi bawang putih dan bawang merah

Bawang merah dan bawang putih mengandung phytonutrient yang bisa memecah simpanan lemak dalam tubuh. Sebagai bonus tambahan, nutrisi penyembuh itu dapat membunuh virus, bakteri dan jamur dan melindungi Anda terhadap penyakit jantung.

3. Vitamin C 1000 mg

Cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sambil membersihkan liver adalah dengan konsumsi vitamin C. Berikan liver Anda dorongan ekstra glutathione (protein yang mengandung tiga asam amino penting).

4. Teh bunga dandelion
Penelitian dalam ‘Australian Journal of Medical Herbalism’ menemukan, kandungan zat dalam akar dandelion bisa membantu regenerasi sel di liver. Anda bisa mendapatkannya dengan minum teh dandelion secara teratur atau konsumsi suplemen dandelion 200 hingga 500 mg per hari.

Sumber : VivaNews

Cara Memilih Lip Gloss Yang Baik Dan Benar

Posted: 30 Sep 2011 11:52 PM PDT


Beberapa artikel baru-baru ini menyebutkan efek samping dari penggunaan lip gloss. Kilau memukau bagai gelas pada bibir karena pemakaian lip gloss justru disinyalir dapat mempertajam paparan sinar matahari pada kulit bibir. Benarkah?

Dr. Baumann, penulis buku best seller "The Skin Type Solution", menyebutkan hal tersebut mungkin terjadi.

Kulit Bibir tak memiliki kelenjar sebum yang dapat memproduksi minyak alami seperti halnya kulit pada daerah lain. Hal inilah yang menyebabkan kulit bibir menjadi lebih cepat kering. Terlebih lagi, karena tidak adanya perlindungan kelenjar sebum tersebut, kulit bibir menjadi lebih rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan paparan sinar matahari. Hasilnya? Degenerasi kolagen dan elastin – yang menyebabkan hilangnya elastisitas kulit bibir, meningkatnya jumlah guratan, serta meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Masalahnya, banyak orang mengatasi kekeringan kulit bibir dengan sekadar memakai pelembab bibir, atau lip gloss dan lip balm yang tidak mengandung SPF. Mereka tidak terlalu merisaukan kerusakan pada kulit bibir yang diakibatkan paparan sinar matahari. Padahal, penggunaan lip gloss yang memberikan efek berkilau (shiny lip glosses) dapat mengintensifkan paparan sinar matahari.

Karena itu sebagai solusinya, pemakaian lip gloss yang mengandung SPF sangat dianjurkan. Atau, pilihlah lip balm dengan sunscreen yang tidak mahal dan aplikasikan berulang pada bibir. Selanjutnya, anda dapat menambahkan lipstik atau lipgloss apapun yang anda suka. Akan lebih bagus lagi bila anda menggunakan lip balm, lipgloss atau lipstik yang juga mengandung vitamin E. Selain kaya akan pelembab, vitamin E merupakan antiokasidan kuat yang dapat mengobati kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Sumber : Rileks.com

Incoming search terms:

  • Dampak lipgloss bagi bibir

Cara Alami agar Tak Lekas Tua

Posted: 30 Sep 2011 11:27 PM PDT

Cobalah menakar kembali konsumsi buah Anda setiap hari. Sudahkah bervariasi, dari jenis, warna, dan porsinya? Bicara porsi idealnya harus 10 porsi buah setiap hari. Jika belum, saatnya melatih diri, membiasakan makan buah mendekati atau persis dengan porsi ideal. Itu jika ingin kulit selalu muda dan segar, serta menunda penuaan datang terlalu dini.

Dokter spesialis gizi klinis, dr Samuel Oetoro, SpGK, menjelaskan bahwa buah-buahan tak hanya merupakan sumber vitamin, namun juga mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan didapat dari zat warna buah. Jadi pastikan Anda mengonsumsi buah sesuai porsi ideal, dengan varian jenis dan warna buah agar manfaat antiaging dari antioksidannya semakin optimal.

“Satu zat warna dari buah mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Manfaat ini bisa mengatasi berbagai penyakit, termasuk juga membuat kulit lebih segar, cerah, dan tidak keriput. Apalagi jika aktivitas sehari-hari lebih banyak bersentuhan dengan sinar matahari,” kata dr Samuel .

Dengan rutin makan buah, baik buah utuh, dihancurkan (diblender), atau dibuat jus buah setiap hari, 10 porsi, 10 jenis, dan 10 warna buah berbeda setiap hari, asupan antioksidan bisa terpenuhi. Usahakan minimal lima porsi sehari, tambah dr Samuel.

“Semakin banyak makan buah, semakin besar efek antioksidannya. Latih makan buah dari tiga porsi, meningkat ke lima, tujuh, sepuluh porsi setiap hari. Upayakan makan buah yang bervariasi karena jenis buah berlimpah dan murah,” tegas dr Samuel. Pisang, semangka, dan pepaya, menurutnya, mudah dan murah didapatkan untuk memenuhi kebutuhan asupan buah setiap hari.

Sumber : Kompas.com

Cara Membuat Mie Ayam

Posted: 30 Sep 2011 08:54 PM PDT

Mie Ayam Pangsit

(Dari tabloid Nova) ;

Bahan :
1 bungkus mie kering telur, direbus hingga empuk
3 siung bawang putih, dimemarkan
1 buah dada ayam, dipisah daging, kulit, dan tulangnya
Garam dan merica secukupnya
2 sendok makan kecap asin
1 tangkai daun bawang, dirajang halus
5 sendok makan bawang goreng
1 ikat kecil caisim, dipotong-potong

Pangsit :
20 lembar kulit pangsit
100 gram ayam kulit
1 siung bawang putih, dihaluskan
Garam dan merica secukupnya

Kuah :
Tulang ayam
750 cc air
Garam dan merica secukupnya

Cara Membuat :

Pertama-tama kita buat pangsit. Campur ayam giling bersama bawang putih, garam, dan merica. Ambil selembar kulit pangsit. Taruh isinya di sudut. Lipat dua kali lalu tautkan kedua ujungnya hingga berbentuk pangsit. Jika tidak menempelkan gunakan putih telur atau adonan tepung maizena yang diberi air secukupnya.

Buat adonan ayam. Tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan potongan dada ayam. Tambahkan kecap asin, garam, dan merica. Tuangkan 1 gelas air. Masak di atas api kecil sampai air berkurang separuh.

Buat minyak ayam untuk pengaduk mie. Potong-potong kulit ayam kecil-kecil. Goreng dalam 3 sendok makan minyak panas hingga kecokelatan. Buang kulit ayam. Sisihkan minyaknya.

Mie yang baru direbus, ditiriskan. Campur dengan minyak ayam tadi. Siapkan mangkuk-mangkuk. Taruh dalam tiap mangkuk sedikit garam, merica, dan kecap asin. Masukkan mi. Aduk rata. Di atasnya taruh ayam beserta sedikit kuahnya, pangsit yang telah direbus, daun bawang iris, dan bawang goreng.

Sajikan dengan kuah. Cara membuat kuah, rebus tulang dalam 1 liter air dengan api kecil bersama garam dan merica. Masak selama 30 menit.

Untuk 5 porsi


Mie Ayam Pangsit

(Resep dari Majalah Selera) ;

Bahan :
5 sdm minyak, untuk menumis
5 siung, bawang putih, cincang halus
500 gr daging ayam, potong dadu 1 cm
500 ml kaldu ayam
250 g jamur merang, belah 2
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya
2 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen

Pelengkap :
kecap minyak *)
10 gulung mi keriting
Sawi hijau, rebus
Daun bawang, iris halus
Tong cai
Bawang goreng
Saus cabai
Pangsit rebus *)

Cara Membuat :

Isi : Tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna. Tuang kaldu, tambahkan jamur, garam, merica, kecap manis, minyak wijen masak hingga air agak mengering, angkat.

 

Tuang kecap, minyak, dan garam dalam mangkuk saji, masukkan mi keriting rebus, sawi, daun bawang, tongcai, dan bawang goreng, tuang kaldu.

Sajikan bersama saus sambal dan pangsit.

Untuk 10 orang

*) Kecap minyak : campuran antara kecap asin, air minyak, dan bumbu dengan komposisi 200 ml kecap asin, 400 ml air, dan 150 ml minyak; dibumbui dengan bawang putih cincang yang ditumis hingga harum.

*) Pangsit rebus : kulit pangsit yang diisi dengan adonan ayam isi, gulung salah satu bagiannya dan rebus.

Catatan :

Resep membuat kecap minyak dengan takaran seperti diatas hasilnya sangat banyak, buatlah hampir 1/4 dari resep asli.

Incoming search terms:

  • resep mie pangsit ayam nova

Cara Membuat Kulit Mulus Dengan Tempe

Posted: 30 Sep 2011 08:27 PM PDT

Makanan-makanan yang kita asup sehari-hari akan berpengaruh terhadap tampilan kulit. Karenanya, jangan lupakan asupan makanan-makanan yang bisa membantu kulit Anda tampil lebih berseri-seri, seperti makanan-makanan berikut ini:
Stroberi
Satu cangkir stroberi memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar. Stroberi merupakan sumber antioksidan yang mampu mendorong produksi serat kolagen yang bisa menjaga kulit tetap halus dan kenyal. Makin banyak vitamin C bisa pula diartikan berkurangnya garis-garis halus.

Wanita yang kekurangan asupan antioksidan kemungkinan akan memiliki kulit yang kering dan cenderung berkeriput. Penelitian pun mengatakan bahwa kandungan ellagic acid, zat antioksidan yang sangat banyak dalam stroberi akan menjaga serat elastis pencegah kulit menggelayut. Ditambah lagi, stroberi menurunkan risiko kanker dengan melawan perkembangan sel-sel kanker.

Apel
Zat bernama quercetin, antioksidan yang ada di banyak varietas apel memberikan proteksi
yang baik untuk mencegah efek “terbakar” akibat sinar UVB yang bisa memicu kanker kulit. Di tempat tinggal seperti Indonesia, Anda akan sering terpapar sinar matahari, jadi upayakan untuk mengonsumsi apel di pagi hari (tentu jangan lupa untuk menggunakan tabir surya juga).

Mengonsumsi 2 buah apel atau lebih dalam seminggu selama setahun bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 15 persen. Ini merupakan hasil studi terhadap 34.000 wanita yang memasuki masa menopause. Apa pun varietas apel yang Anda pilih, jangan lupa untuk mengonsumsi kulitnya karena di sanalah sumber utama antioksidan pada apel. Namun, karena banyak perusahaan apel menggunakan zat pestisida, disarankan untuk mengonsumsi apel organik yang bebas zat-zat berbahaya bagi kesehatan.

Kedelai
Sebuah studi menyatakan bahwa kerut-kerut tipis pada wanita yang mengonsumsi makanan yang mengandung isoflavon dari kedelai, seperti tempe, tampak berkurang. Para relawan mengonsumsi aglycone, yang setara dengan 3 ons tempe per hari selama 12 minggu. Bonusnya lagi, dengan menambahkan tempe pada makanan Anda sehari-hari bisa mengurangi risiko kanker endometrial dan ovarium, diabetes, juga mencegah tumbuhnya bibit kanker payudara. Cobalah untuk mengonsumsi kacang edamame, tempe, tahu, untuk menggantikan daging merah maupun unggas.

Telur
Dua zat antioksidan yang terdapat pada telur, yaitu lutein dan zeaxanthin, memberikan perlindungan berkali lipat melawan sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan garis halus, bintik hitam, dan kanker kulit. Berkat kedua zat ini pun, kulit bisa makin terlihat lembut, kenyal, dan terhidrasi. Lebihnya lagi, mengonsumsi satu butir telur per hari secara signifikan meningkatkan tingkat lutein dan zeaxanthin dalam darah (bukan kolesterol). Artinya, bisa mencegah kerusakan dengan melindungi retina dari kerusakan akibat sinar, seperti dipaparkan pada Journal of Nutrition.

Minyak zaitun extra-virgin
Dilaporkan oleh Lancet Oncology, lemak sehat dalam minyak zaitun extra-virgin mengandung serangkaian asam lemak esensial yang membantu kulit melawan kerusakan akibat sinar ultraviolet. Asam lemak esensial juga merupakan bagian dari sel membran yang membantu menjaga kelembaban kulit. Tubuh tidak bisa menciptakan asam lemak esensial. Karenanya, cob
alah untuk mengonsumsi 1 sendok makan minyak zaitun per hari untuk menjaga kekenyalan kulit.

Bonus lainnya, sebuah riset baru-baru ini mengatakan bahwa komponen dalam minyak zaitun, hydroxytyrosol, bisa menurunkan kolesterol dan membantu mencegah obesitas dan diabetes dengan membakar energi di bagian tengah sel tubuh. Menggunakan minyak zaitun untuk menyiapkan makanan juga bisa membantu membuat perut kenyang lebih lama, dan mencegah Anda dari mengemil berlebihan.

Sumber : Kompas.com

Cara Membuat Jus Semangka Segar

Posted: 30 Sep 2011 08:27 AM PDT

Bahan:
250 gr semangka
100 gr stroberi
100 gr sirup gula
300 ml jus jeruk
es batu

Cara Membuat:
1. Belender semua bahan.
2. Hidangkan dengan es batu.

Untuk 4 orang

Sumber ; Tabloid Nova

0 komentar em “DuniaPustaka.com | Gudangnya Buku Gratisan”

Posting Komentar

 

INFORMASI TERBARU Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger